Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u1069953/public_html/wp-includes/functions.php on line 5835
Wujudkan Kerja Aman dan Nyaman, Perhutani KPH Parengan Gandeng Jaksa dan Polisi Supervisi Agroforestry - Bank Berita

Menu

Mode Gelap
Bank Jatim Sukses Gelar Undian Simpeda Miliaran Rupiah PMK Tuban Makin Menggila, Pemkab Lamban Menangani Ini Bukti Perhutani KPH Jatirogo, Reskrim dan Kejari Tuban Bersatu Wujudkan Hutan Lestari Bupati Tuban Data Usaha Tambang Ilegal, Daerah Rugi Berlipat SIG Bersama 31 BUMN, Menyelenggarakan Pelatihan Bisnis Terapan yang Diikuti 26 Pondok Pesantren di Jawa Timur

Daerah · 4 Apr 2022 03:53 WIB ·

Wujudkan Kerja Aman dan Nyaman, Perhutani KPH Parengan Gandeng Jaksa dan Polisi Supervisi Agroforestry


 INOVASI : Adm Perhutani KPH Parengan (pegang mic) menyampaikan paparan kepada Kajari Tuban beserta staf dan Reskrim Polres Tuban. Foto / IST Perbesar

INOVASI : Adm Perhutani KPH Parengan (pegang mic) menyampaikan paparan kepada Kajari Tuban beserta staf dan Reskrim Polres Tuban. Foto / IST

bankberita.com, TUBAN JATIM – Administratur (Adm) Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan, melakukan inovasi dalam pengelolaan agroforestry tahun 2022. Demi mewujudkan kinerja yang aman dan nyaman.

Adm Perhutani KPH Parengan, Slamet Juwanto dihadapan Kepala Kejaksaan Negeri Tuban (Kajari) bersama staf dan apparat Polres Bojonegoro menjelaskan mekanisme program agroforestry yang 85 persen lebih berada di wilayah hukum Kabupaten Tuban.

Manajemen menggunakan sistem berlapis untuk penagihan kepada pesanggem melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Dengan menggunakan lacak balak, diharapkan secara administrasi dan kondisi lapangan sama. Melalui formulir yang beragam serta kuitansi, para petugas di lapangan dapat berkolaborasi dengan pengurus LMDH.

Sistem ini kemudian disampaikan kepada aparat hukum untuk dilakukan supervisi jika ada kelemahan secara hukum maupun administrasi akan diperbaiki.

“Ini dalam rangka Good Governance Corporate, kedepan pelaksanaan kami bisa lebih baik lagi. Kami ingin bekerja yang aman dan nyaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Kajari Tuban, Suhendri menyampaikan pihaknya menerima baik inisiatif KPH Parengan. Pihaknya akan melakukan pendalaman materi terlebih dahulu dan berkonsultasi ke Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim sebelum menyampaikan hasil suprevisi.

“Memang kami memiliki wewenang soal keuangan negara. Untuk pola administrasi nanti tim parengan akan bertemu dengan tim kejaksaan. Ini kita saling membantu dan saya akan konsultasi ke Kejati. Karena ini baru pertama kali bisa jadi percontohan untuk lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kajari mengungkapkan dalam mewujudkan hutan lestari dan kesejahteraan masyarakat sejatinya adalah tugas semua pihak. Sehingga diperlukan kolaborasi lintas lembaga. “Kalau kita sinergi bisa dilaksanakan dengan baik, termasuk peran pemerintah daerah,” katanya.

Diketahui, KPH Parengan menggelar pertemuan pertama supervisi agroforestry, Jumat (01/04/2022) di salah satu rumah makan kawasan jalan Basuki Rahmat Tuban. Dengan menghadirkan Kajari Tuban beserta staf, Reskrim Polres Tuban. Serta para Pejabat perhutani KPH Parengan dan praktisi lapangan. red

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Solusi Kompleksitas Pemilu Dari Waktu Ke Waktu

30 Juni 2022 - 00:33 WIB

PMK Tuban Makin Menggila, Pemkab Lamban Menangani

23 Juni 2022 - 12:06 WIB

Bupati Tuban Data Usaha Tambang Ilegal, Daerah Rugi Berlipat

15 Juni 2022 - 12:20 WIB

Ribuan Sapi Tertular PMK, Seluruh Pasar Hewan Tuban Ditutup

8 Juni 2022 - 00:31 WIB

Sudah Habis Miliaran Rupiah, Jembatan Glendeng Kembali Ditutup

24 Mei 2022 - 19:28 WIB

Inilah 8 Poin Penting Hasil Musyawarah Alim Ulama PWNU Jawa Timur di Tuban

31 Maret 2022 - 11:58 WIB

Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar
Trending di Daerah