Notice: Fungsi add_theme_support( 'html5' ) ditulis secara tidak benar. Anda harus menyampaikan jajaran tipe. Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 3.6.1.) in /home/u1069953/public_html/wp-includes/functions.php on line 5835
Sudah Habis Miliaran Rupiah, Jembatan Glendeng Kembali Ditutup - Bank Berita

Menu

Mode Gelap
Bank Jatim Sukses Gelar Undian Simpeda Miliaran Rupiah PMK Tuban Makin Menggila, Pemkab Lamban Menangani Ini Bukti Perhutani KPH Jatirogo, Reskrim dan Kejari Tuban Bersatu Wujudkan Hutan Lestari Bupati Tuban Data Usaha Tambang Ilegal, Daerah Rugi Berlipat SIG Bersama 31 BUMN, Menyelenggarakan Pelatihan Bisnis Terapan yang Diikuti 26 Pondok Pesantren di Jawa Timur

Daerah · 24 Mei 2022 19:28 WIB ·

Sudah Habis Miliaran Rupiah, Jembatan Glendeng Kembali Ditutup


 Sudah Habis Miliaran Rupiah, Jembatan Glendeng Kembali Ditutup Perbesar

bankberita.com, TUBAN – Pemerintah kembali menutup total akses jembatan glendeng yang mengubungkan Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro. Kali penutupan dilakukan hingga waktu belum ditentukan. Jembatan yang sisi wilayah Tuban berada di Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban tersebut ditutup total dari akses pengguna jalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tuban, Bambang Irawan menegaskan bahwa penutupan tersebut sudah melalui proses formal. Yakni diputuskan melalui forum lalu lintas.

“Terkait penutupan jembatan glendeng merupakan hasil rapat forum Lalu lintas yang dilaksanakan tanggal 20 Mei 2022 di Polres Tuban. Serta berdasarkan hasil rekomendasi teknis PU Bina marga Prov Jatim. Untuk pengalihan arus dialihkan melalui ruas Soko-Ponco-Bojonegoro. Terkait kondisi jalan poros Menilo-Pandanagung akan dikoordinasikan dengan Dinas PUPR, PRKP Kab Tuban,” katanya.

Penutipan ini murni berdasarkan hasil kajian teknis PU Bina Marga Jatim, bahwa kondisi jembatan tersebut tidak layak dipakai dan harus ditutup demi keselamatan pengguna jalan. “Karena hasil rekomendasi teknis PU Bina Marga  Prov (Jatim) dan untuk keselamatan pengguna jalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman (PUPRPRKP) Kabupaten Tuban, Agung Supriadi menjelaskan kondisi jembatan mengalami penurunan. Sehingga kondisi tersebut tidak layak jika jembatan dipaksanakan tetap difungsikan.   “Dari kajian teknis Dinas PU  Bina Marga Prov (Jatim), pilar jembatan lama sudah turun sekitar 30 cm, dan sudah tidak layak secara teknis,” katanya.

Jika tetap dipaksakan, khawatir terjadi seperti jembatan Cimcim Babat yang beberapa waktu lalu menimbulkan korban. “Dan dari Tim Dinas PU BM Prop dan Komisi A DPRD Prop Jatim dikhawatirkan bisa patah/ambrol secara tiba-tiba yang mengakibatkan adanya korban jiwa. Seperti jembatan cimcim Babat. Sehingga untuk keamanan & kenyamanan pengguna jembatan, direkomendasikan untuk ditutup total,” tegasnya.

Disoal status kepemilikan jembatan Glendeng, Agung menegaskan hingga saat ini masih belum jelas. Apakah milik Kabupaten Tuban atau Bojonegoro atau Pemerintah Provinsi Jatim. “Belum ada titik temu,” ungkapnya.

Diketahui, Jembatan glendeng yang sebelumnya amblas dilakukan perbaikan oleh Pemkab Tuban akhir 2021 lalu dengan biaya pagu Rp. 4.171.750.362 dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021. Dengan pemenang lelang CV Dewi Ratin dari Bojonegoro. Dari 71 peserta lelang, menjadi pemenang tender dengan harga penawaran Rp. 3.817.803.625,38 dan akhirnya negoisasi dengan harga Rp. 3.817.803.625,38.

Kemudian maret jembatan mengalami kerusakan yang sama, dan diminta pihak rekanan memperbaikinya. Karena menurut Dinas PUPRPRKP masih tanggungjawab rekanan untuk memperbaikinya. Kini jembatan rusak dan kembali ditutup dari akses pengguna jalan. Nal

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Solusi Kompleksitas Pemilu Dari Waktu Ke Waktu

30 Juni 2022 - 00:33 WIB

PMK Tuban Makin Menggila, Pemkab Lamban Menangani

23 Juni 2022 - 12:06 WIB

Bupati Tuban Data Usaha Tambang Ilegal, Daerah Rugi Berlipat

15 Juni 2022 - 12:20 WIB

Ribuan Sapi Tertular PMK, Seluruh Pasar Hewan Tuban Ditutup

8 Juni 2022 - 00:31 WIB

Wujudkan Kerja Aman dan Nyaman, Perhutani KPH Parengan Gandeng Jaksa dan Polisi Supervisi Agroforestry

4 April 2022 - 03:53 WIB

Inilah 8 Poin Penting Hasil Musyawarah Alim Ulama PWNU Jawa Timur di Tuban

31 Maret 2022 - 11:58 WIB

Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar
Trending di Daerah